Pembelajaran Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Kontekstual
FAKULTAS FILSAFAT
UNIVERSITAS GADJAH MADA
AGUSTUS 2006
A. LATAR BELAKANG
Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) merupakan matakuliah wajib nasional yang difungsikan sebagai pembentuk kepribadian ilmuwan atau ahli dalam bidang tersebut. Dengan mengikuti kuliah ini diharapkan sarjana yang dihasilkan akan mempunyai kualitas plus. Di Universitas Gadjah Mada dikenal tiga matakuliah yang tergabung dalam kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian yaitu Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan, masing-masing dengan tujuan pembelajarannya sendiri. Dalam konteks Indonesia diharapkan ilmuwan yang akan dihasilkan oleh suatu program studi mestinya ilmuwan yang berkepribadian Indonesia, bukan ilmuwan yang mengalami disorientasi ideologis yang tidak tahu sesungguhnya mereka menjadi ilmuwan untuk kemanfaatan siapa.
Dalam konteks kelembagaan, Fakultas Filsafat mempunyai tugas untuk menyelenggarakan sekaligus mengembangkan kegiatan pembelajaran bagi matakuliah MPK umumnya dan Kewarganegaraan khususnya ini. Oleh karena itu sangat perlu diberikan sarana prasarana bagi pengembangan perkuliahan termasuk dalam rangka menyukseskan program belajar UGM yang mengembangkan model pendidikan dengan menekankan pada lima pilar dengan mengedepankan cara belajar yang berorientasi pada proses dengan tujuan untuk pengembangan kemampuan, kemandirian, tanggung jawab mahasiswa, mendekatkan materi pembelajaran pada permasalahan-permasalahan kehidupan dan lingkungan dengan mengedepankan wawasan internasional dengan penggunaan teknologi informasi. Atas dasar tuntutan kualitas pembelajaran yang dikembangkan di UGM sekarang ini pembelajaran dalam matakuliah ini dirancang sedemikian rupa sehingga hasilnya akan sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran berbasis tujuan, manfaat, proses pembelajaran, kajian kritis, dan proses pembelajaran inovatif lain menjadi penekanan dalam kegiatan kuliah.
Kegiatan ini dirancang untuk menunjukkan bahwa kegiatan kuliah ini penting karena selama ini pembelajaran MPK dalam prosesnya sering tidak mengarah pada apa yang diharapkan. Pelaksanaan kuliah MPK selama ini dianggap tidak menarik dan monoton. Matakuliah ini juga sering dianggap oleh sementara mahasiswa sebagai matakuliah doktriner, titipan pemerintah, membosankan, matakuliah yang pasti diluluskan mesti tidak pernah kuliah, tidak penting, dan predikat-predikat lain. Penyelenggaraan kuliah harus ditata secara baik oleh institusi dan dosen penyelenggara kuliah sehingga mahasiswa mendapatkan apa yang mestinya memang dikembangkan sebagaimana idealisme tujuan pembelajaran MPK ini.
Sangat naïf bila pembelajaran MPK tetap diselenggarakan dengan ala kadarnya sementara kita berimajinasi bahwa pendidikan MPK akan menghasilkan ilmuwan Indonesia yang ideal. Sajian materi dan perencanaan pembelajaran yang tepat akan mampu mengarahkan pada tercapainya idealisme pembelajaran MPK yang diharapkan. Dengan ini maka diharapkan tidak akan muncul lagi orang menggugat Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai matakuliah yang mandul karena ilmuwan yang dihasilkan sama-saja tidak beridealisme. Melalui usaha melakukan proses pembelajaran sebagaimana direncanakan maka diharapkan ilmuwan yang dihasilkan negara ini adalah ilmuwan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negaranya.
B. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Nama Matakuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
2. Kode : UNU 300
3. SKS : 2
4. Sifat : Wajib
5. Semester: gasal/genap
6. Perkiraan banyak peserta: 50 mahasiswa
7. Tujuan pembelajaran:
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara, dapat melakukan bela negara secara rasional dan kritis, sensitif terhadap persoalan di masyarakat dan mempunyai kemampuan menyelesaikan permasalahan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara baik secara konseptual maupun dalam bentuk tindakan.
8. Jumlah jam dan pembagiannya:
Jumlah jam dan pembagiannya direncanakan sebagai berikut. Materi dikelompokkan dalam satu pengantar kuliah dan enam kelompok materi yang dikembangkan dalam berbagai kegiatan belajar ditambah satu kegiatan ujian.
Rencana kegiatan pembelajaran berdasar prosentase:
Macam kegiatan
|
Persen
|
Keterangan
|
Ceramah dialogis
|
25%
|
Menjelaskan materi sebagai pengantar kajian (lihat
|
Tugas mingguan / Quis/individu
|
25 %
|
Pretest/post test/opini/komentar dicatat sebagai
daftar aktivitas mhs.
|
Diskusi/presentasi
|
25 %
|
Setiap mahasiswa mempunyai kesempatan
menyampaikan pendapat secara lisan.
Mahasiswa aktif mengikuti diskusi
|
Tugas terstruktur
|
25 %
|
Menyajikan pendapat secara tertulis.
|
9. Jadual kegiatan mingguan
Diasumsikan kegiatan kuliah berlangsung selama 14 sesi (7 minggu) ditambah 1 minggu/pertemuan untuk ujian akhir semester.
Ming-gu ke-
|
Topik
|
Substansi
|
Metode proses pembelaj.
|
Alokasi waktu (menit)
|
Alat/
Fasilitas
|
Keterangan
|
1
|
Pengantar
RPKPS
|
-Pretest/Orientasi
-Asal-usul mata kuliah
-Rasionel MPK
-Pengenalan Materi
-Tatacara perkuliahan
|
Ceramah
Dialog
Test
|
100
|
OHP/
LCD/ Papan tulis
|
Mahasiswa dijelaskan tentang tujuan pembelajaran dan tata cara kuliah.
Pembagian kelompok diskusi.
|
2
|
Identitas Nasional
|
-Karakteristik Identitas Nasional
-Proses berbangsa dan bernegara
|
Ceramah
Dialog
Penjelasan tugas
|
100
|
OHP/
LCD/ Papan tulis
|
Kelompok yang ditunjuk menyiapkan materi diskusi.
|
3
|
Tema:
- Perlukah identitas kebangsaan?
-Masihkah kita menpunyai identitas?
-Bagaimana membangun kebanggaan terhadap bangsa.
|
Presentasi
Diskusi
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis/
ftcpy makalah
|
- Kelompok mempresentasikan gagasannya.
-Setelah berdiskusi anggota kelompok membuat artikel/makalah individu.
| |
4
|
Hak dan kewajiban negara dan warga negara
|
-Negara sebagai rumah tangga
-Keseimbangan kemampuan ipteks & kepribadian
-Bangsa
-Negara
-Kesadaran cinta tanah air sebagai perwujudan hak dan kewajiban
|
Ceramah
Dialog
Penjelasan tugas
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
Kelompok yang ditunjuk menyiapkan materi diskusi.
|
5
|
Tema:
Menipisnya kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga Negara.
|
-Diskusi
-Ulasan
-Quis
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
/ftcpy makalah
|
- Kelompok mempresentasikan gagasannya.
-Setelah berdiskusi anggota kelompok membuat artikel/makalah individu.
| |
6
|
Hak Asasi Manusia
dan Rule of Law
|
-Pengertian
-HAM PBB dan UUD 1945
-Hak dan Kewajiban
-Macam-macam HAM
-Batas-batas HAM
-Universalitas HAM
|
Ceramah
Dialog
Penjelasan tugas
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
Kelompok yang ditunjuk menyiapkan materi diskusi.
|
7
|
Tema:
Problematika penegakan hukum dan HAM.
(Kasus-kasus)
|
-Diskusi
-Ulasan
-Quis
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
- Kelompok mempresentasikan gagasannya.
-Setelah berdiskusi anggota kelompok membuat artikel/makalah individu.
| |
8
|
UTS
|
90
| ||||
9
|
Demokrasi
|
-Pengertian
-Jenis-jenis
-Demokrasi structural dan substansial
-Prinsip-prinsip
demokrasi
|
Ceramah Dialog
Penjelasan tugas
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
Kelompok yang ditunjuk menyiapkan materi diskusi.
|
10
|
Tema:
-Kesadaran berdemokrasi di masyarakat.
-Pilkada dan substansi demokrasi.
|
-Diskusi
-Ulasan
-Quis
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
- Kelompok mempresentasikan gagasannya.
-Setelah berdiskusi anggota kelompok membuat artikel/makalah individu.
| |
11
|
Geopolitik
Wawasan Nusantara
|
-Pengertian
-Ide Persatuan dan Kesatuan sebagai focus.
-Wilayah sebagai ruang hidup.
-Otonomi daerah.
|
Ceramah
Dialog
Penjelasan tugas
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
Kelompok yang ditunjuk menyiapkan materi diskusi.
|
12
|
Tema:
-Problematika implementasi otonomi daerah.
-Menyikapi konflik-konflik horizontal.
|
-Diskusi
-Ulasan
-Quis
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
- Kelompok mempresentasikan gagasannya.
-Setelah berdiskusi anggota kelompok membuat artikel/makalah individu.
| |
13
|
Geostrategi
Ketahanan Nasional
|
-Konsep Astra Gatra
-Indonesia dan Perdamaian dunia.
|
Ceramah
Dialog
Penjelasan tugas
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
Kelompok yang ditunjuk menyiapkan materi diskusi.
|
14
|
Tema:
-Bagaimana Indonesia berperan bagi dunia?
-Konflik antar Negara
-Peran lembaga internasional bagi perdamaian dunia.
|
-Diskusi
-Ulasan
-Quis
|
100
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
|
- Kelompok mempresentasikan gagasannya.
-Setelah berdiskusi anggota kelompok membuat artikel/makalah individu.
| |
15
|
-Review materi
-Evaluasi
|
50
50
|
OHP/
LCD/
Papan tulis
| |||
16
|
Ujian akhir
|
Evaluasi
|
100
|
- Penilaian: Kriteria dan cara evaluasi hasil pembelajaran
No.
|
Komponen
|
Prosentase
|
Keterangan
|
1
|
Presensi
|
(penalty)
|
- Presensi minimal 75%.
- Presensi kurang dari 75% secara formal tidak diperkenankan mengikuti ujian dan secara substansial berimplikasi pada pengurangan nilai sampai ketidaklulusan.
|
2
|
UTS
|
20
| |
3
|
UAS
|
20
| |
4
|
Presentasi kelompok[1]
|
20
|
- Presentasi dilakukan dalam forum kelas.
- Setiap kelompok menyiapkan materi presentasi.
- Nilai presentasi ditentukan oleh dosen dan kelompok diskusi lain.
- Nilai dosen maksimal 4 poin
- Nilai kelompok merupakan rata-rata dari akumulasi nilai masing-masing kelompok penilai. Nilai masing-masing kelompok maksimal 16 point.
- Formulir penilaian dibuat dosen (Form 5).
- Nilai masing-masing mahasiswa dalam satu kelompok akan sama, maksimal 20 poin.
- Kelebihan -> belajar bekerjasama, materi seragam, wawasan cukup luas.
- Kekurangan -> bila mahasiswa tidak mampu diskusi.
|
5
|
Presentasi individual[2]
|
20
|
- Presentasi dilakukan di dalam masing-masing kelompok.
- Setiap mahasiswa yang bertugas melakukan presentasi wajib membuat materi presentasi.
- Nilai presentasi ditentukan oleh dosen dan kelompok.
- Nilai dosen maksimal 4 poin.
- Nilai kelompok merupakan kesepakatan anggota kelompok. Nilai kelompok maksimal 16 point.
- Formulir penilaian dibuat dosen (lihat Form 6).
- Nilai bersifat individual sehingga masing-masing anggota kelompok nilai presentasinya akan berbeda tergantung kesiapan individu mahasiswa. Nilai maksimal 20 poin.
|
6
|
Paper individu/ analisis kritis
|
20
|
- Bila presentasi kelompok -> setiap anggota kelompok membuat catatan/analisis kritis terhadap materi, proses dan hasil diskusi.
- Bila presentasi individu -> mahasiswa yang bersangkutan melengkapi gagasan yang disampaikan dalam bentuk paper yang lebih lengkap.
- Kriteria: orisinalitas gagasan, argumentasi, kedalaman, sumber bacaan/referensi, tata tulis.
|
7
|
Quis/Tugas mingguan
|
20
|
- Nilai Tugas Mingguan maksimal 20 poin didasarkan atas hasil catatan tugas minggunan baik berupa ringkasan/komentar dan materi pengembangan lainnya(lihat Form 4).
- Formulir disimpan mahasiswa dan dikumpulkan pada saat kuliah berakhir untuk dilakukan pencatatn nilainya.
|
TOTAL
|
100
|
Kategori penilaian akhir:
A – (81-100)
B – (61-80)
C – (41-60)
D – (21-40)
E – (1-20)
Catatan penting: bila ditemukan kecurangan dalam proses belajar ini dosen berhak melakukan tindakan penghukuman dengan cara pengurangan nilai atau lainnya tergantung dari tingkat kesalahannya.
|
- Resiko kegagalan dan rencana antisipasi
Kuliah dapat tidak terselenggara dengan lancar karena berbagai sebab.
a. Bila kelas cukup besar maka bila materi studi lapangan/kasus berkaitan diskusi dapat dibuat panel atau dapat ditempuh dengan diskusi parallel. Penilaian aktivitas diskusi dapat dikendalikan dengan memanfaatkan penilaian mahasiswa.
b. Kemungkinan kuliah kosong dapat dilakukan dengan penggantian hari. Atau bila dimungkinkan dilakukan dengan memanfaatkan asisten dosen.
- Bahan, sumber informasi dan referensi
Buku pegangan adalah Pendidikan Kewarganegaraan, dilengkapi buku-buku pendukung lain, antara lain:
a. Buku-buku perundangan
b. Buku-buku teks tentang HAM dan demokrasi
c. Buku-buku tentang ilmu politik dan hokum seperti: Dasar-Dasar Ilmu Politik (Miriam Budiardjo)
d. Otonomi Daerah
e. Hukum Laut
f. Buku-buku tentang perencanaan dan hasil pembangunan
g. Lampiran-lampiran keputusan sebagai dasar perkuliahan
h. Buku dan artikel lain yang dapat dicari dengan melakukan browsing internet sesuai dengan materi kajian.
- PERENCANAAN MONITORING DAN UMPAN BALIK
Perencanaan monitoring terdiri dari dua hal:
- Rencana dokumen monitoring kegiatan mingguan, dilakukan dosen. Dokumen ini merupakan catatan harian kegiatan pembelajaran.
- Formulir Tugas Mingguan, digunakan untuk memonitor aktivitas mahasiswa dalam kelas dan sebagai salah satu dokumen penilaian.
- Formulir penilaian diskusi kelompok berfungsi sebagai media umpan balik dan salah satu dokumen penilain.
- PERENCANAAN EVALUASI (GAP DAN AKAR MASALAH)
Evaluasi proses belajar dilakukan pada akhir kuliah, diisi oleh mahasiswa (untuk pengembangan penyajian kegiatan belajar pada semester lainnya). Format evaluasi biasanya dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara pendidikan atau dengan menggunakan skala kepuasan mengajar.
Lampiran 1
Nama mahasiswa: ----------------------------------------------
NIM: ---------------------------------------
No.
|
Tanggal
|
Uraian tugas/Materi
|
Tanda tangan dosen
|
Keterangan
|
1
| ||||
2
| ||||
3
| ||||
4
| ||||
5
| ||||
6
| ||||
7
| ||||
8
| ||||
9
| ||||
10
| ||||
Jumlah
|
Lampiran 2.(1)
FORMULIR PENILAIAN PRESENTASI KELOMPOK [4]
Nama mahasiswa/Kelompok yang dinilai: ---------------------------------
Anggota: ………………………………………………………………………..
Materi/judul: -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tanggal presentasi: ---------------------------
No.
|
Faktor penilaian
|
Nilai
(masing-masing unsur maks. 4)
|
Keterangan
|
Nilai Total Presentasi
(maks 20)
|
A. Nilai Kelompok diskusi
| ||||
1
|
Ketepatan materi bahasan
|
1/2/3/4
| ||
2
|
Penguasaan materi, kemampuan presentasi, keluasan bahasan, kecukupan informasi.
|
1/2/3/4
| ||
3
|
Sistematika menyajian.
|
1/2/3/4
| ||
4
|
Kekompakan menjawab & menjelaskan, penampilan kelompok (demokratis, menghargai, sopan, dll.).
|
1/2/3/4
| ||
Total
|
(maksimal 16)
|
(----------)
| ||
B. Materi presentasi/kesiapan (dosen)
|
1/2/3/4
| |||
-----------
|
Kritik/saran/masukan:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran 2 (2).
FORMULIR PENILAIAN PRESENTASI INDIVIDU [5]
Nama mahasiswa yang dinilai: ---------------------------------
Materi/judul: -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tanggal presentasi: ---------------------------
No.
|
Faktor penilaian
|
Nilai
(masing-masing unsur maks. 4)
|
Keterangan
|
Nilai Total Presentasi
(maks 20)
|
A. Nilai Kelompok diskusi (mahasiswa)
| ||||
1
|
Ketepatan materi bahasan
|
1/2/3/4
| ||
2
|
Penguasaan materi, ketajaman, kekayaan wawasan.
|
1/2/3/4
| ||
3
|
Sistematika penyajian.
|
1/2/3/4
| ||
4
|
Penampilan penyajian (demokratis, menghargai, sopan, dll.)
|
1/2/3/4
| ||
Total
|
(maksimal 16)
|
(----------)
| ||
B. Materi presentasi/kesiapan (dosen)
|
1/2/3/4
| |||
-----------
|
Saran-saran/komentar:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kriteria Artikel Ilmiah:
1. Bersifat kajian lebih lanjut dari materi diskusi.
2. Orisinalitas/argumentatif
3. Sistematis
4. Akurasi sumber rujukan/referensi
5. Tata tulis
6. 5-10 halaman isi, spasi 1 1/5
Halaman Muka/sampul:
- Materi/pelajaran
- Tema kelompok
- Judul
- Nama/NIM
- Prodi/Fakultas/tahun
===============================================================
Pokok Isi:
1. Pengantar bahasan/latar belakang/persoalan yang diangkat
2. Pembahasan
3. Penutup
4. Daftar Pustaka (dapat dalam bentuk foot note)
Pengumpulan:
1. satu eksamplar print out untuk dinilai
2. soft copy – untuk di-up load ke internet.
REKAPITULASI PENILAIAN
No
|
Nama
|
NIM
|
Faktor penilaian
|
Nilai angka
|
Nilai huruf
|
Presensi
|
Nilai Akhir
| ||||
UTS
|
UAS
|
Prests
|
Tugas
|
Paper
|
100
| ||||||
1
| |||||||||||
2
| |||||||||||
3
| |||||||||||
4
| |||||||||||
5
| |||||||||||
6
| |||||||||||
7
| |||||||||||
8
| |||||||||||
9
| |||||||||||
10
| |||||||||||
11
| |||||||||||
12
| |||||||||||
13
| |||||||||||
14
| |||||||||||
15
| |||||||||||
16
| |||||||||||
17
| |||||||||||
18
| |||||||||||
19
| |||||||||||
20
|
Tanggal ----------------
|
Dosen : Dra. Sartini, M.Hum.
Tanda Tangan : --------------------
[1] Bila pilihan presentasi kelas/berkelompok.
[2] Bila pilihan presentasi individual dalam kelompok kecil.
[3] Formulir ini dibawa mahasiswa untuk pencatatan tugas minggguan yang dibuat mahasiswa dan ditandatangani dosen, dan dikumpulkan sebagai kelengkapan ujian dan bahan penilaian Kelengapan fomulir ini akan bernilai maksimal 20 poin dari keseluruhan penilaian.
[4] Formulir ini diisi oleh kelompok diskusi lain dan menjadi faktor nilai presentasi bagi masing-masing anggota kelompok penyaji. Formulir setelah diisi diserahkan pada dosen untuk dicatat. Maksimal nilai 20 poin.
[5] Formulir ini diisi oleh masing-masing kelompok diskusi dan menjadi faktor nilai presentasi penyaji. Formulir setelah diisi diserahkan pada dosen untuk dicatat. Maksimal nilai 20 poin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar