Halaman

Senin, 16 April 2012

PENGERTIAN FORMAT AUDI0



 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI


PENGERTIAN FORMAT AUDI0

MP3 : MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. MP3 dikembangkan oleh seorang insinyur yang berasal dari jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean PCM (Pulse Code Modulation). Berkas yang mempunyai nama lengkap MPEG-1 Audio Layer ini mengurangi jumlah bit yang diperlikan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.
Standar MPEG-1 tidak menspesifikasikan secara spesifik cara melakukan encode MP3. Sebaliknya, algoritma decode serta format file didefinisikan secara spesifik. Yang ingin mengimplementasikan encoder MP3 harus membuat sendiri algorima untuk menghilangkan bagian dari informasi pada file audio asal (atau pada representasi MDCT pada ranah frekuensi).
Karena itu, maka cara encode setiap encoder MP3 berlainan dan menghasilkan kualitas hasil yang berlainan juga. Hal yang harus diperhatikan adalah dari semua encoder yang ada, terdapat encoder yang bagus untuk bitrate tinggi maupun encoder yang bagus untuk bitrate rendah.

AMR : AMR (Adaptive Multi Rate) merupakan file Audio codec yang terkompressi, file ini ber ekstensi AMR, dan berukuran sangat kecil, File ini dihasilkan dari sebuah encoder yang menyesuaikan dengan kemampuan processing dan streaming MCU/CPU, sehingga file yang dihasilkan memiliki bit-rate yang sesuai dengan MCU/CPU/Processor yang digunakan, file ini biasanya lebih banyak di tanamkan pada perangkat mobile (Embeded File), dan bisa di transformasikan dalam bentuk file MP3.


WAV : WAV (WAVeform Audio Format) Merupakan file Audio yang tidak terkompressi dan berukuran besar, file ini berbasis track Audio, Sehingga Encoder dalam menghasilkan file WAV tidak ditentukan oleh kekuatan streaming processor/mcu/cpu, bit-rate yang dihasilkan tergantung bit-rate modul sound card dan store-age yang digunakan. File WAV bisa disebut file yang universal, karena bbisa di kompressi ke beberapa jenis file Audio/format Audio. Karena data-data digit kode Audio didalam file WAV sangat lengkap secara menyeluruh, sehingga encoder file lebih mudah menerjemahkan algoritma data Audio ke bentuk/transform format lainnya.

CDA (Compact Disc Audio) menampung bit data berukuran kecil yang berfungsi sebagai index track pada sebuah CD audio. Track yang telah dicopy (ripped) pada komputer sebagai sebuah file audio CDA sebenarnya adalah sebuah file PCM yang diberi ekstensi .cda. file CDA yang terdiri dari wave stream PCM memiliki kualitas yang sangat tinggi, namun file ini menghabiskan begitu banyak space dan tidak akan dikenali oleh mayoritas digital player yang didesain untuk menjalankan compressed file.
AAC : AAC (Advanced Audio Coding) merupakan file Audio yang terkompressi sangat kecil tapi mempertahankan kualitas suaranya, file ini dihasilkan oleh encoder yang memiliki algoritma dan logika digit code Audio yang rumit, maka dari itu file berukuran kecil tapi suara dan kualitasnya bisa dipertahankan oleh player dengan plugin tertentu, kinerja file ini pada saat di encode maupun di putar player tertentu ditentukan oleh kemampuan streaming dan encoding dari processeor/mcu/cpu dalam menerjemahkan kode digit Audio dalam format AAC, sehingga bisa terdengar menjadi signal Audio yang bisa diperdengarkan usernya.
Perbedaan MP3 memiliki kompresi yang baik sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil,  AMR berukuran sangat kecil, File ini dihasilkan dari sebuah encoder yang menyesuaikan dengan kemampuan processing dan streaming MCU/CPU, WAV tidak terkompressi dan berukuran besar, file ini berbasis track Audio, CDA menampung bit data berukuran kecil, sedangkan AAC terkompressi sangat kecil tapi mempertahankan kualitas suaranya.
 KESIMPULAN Masing-masing  format audio mempunyai standar ukuran & kualitas yang berbeda-beda.
FORMAT AUDIO-VIDEO


MP4 : MP4 Merupakan file video hasil rendering dari komplikasi file trkompresi MP3 dan File Video dngan standard resolusi PAL dan NTSC Video dalam ukuran yang lebih kecil dari file basis MPEG.
MPEG MPEG (Moving Pictures Experts Group) sebuah organisasi yang mengembangkan standar untuk kode program audio dan video. Sebuah file MP3 mempunyai bit rates mulai dari yang rendah yaitu 32kbits/detik hingga 320kbits/detik.
FLV: FLV (Flash Video) Merupakan format file yang digunakan untuk mnyimpan video dari internet yang menggunakan program Adobe Flash Player. FLV sendiri menjadi format pilihan standard untuk file video di web.
Merupakan file video standard yang digunakan dalam perangkat mobile, secara garis besar file ini adalah file hasil dari komplikasi file kompressi Audio dan video dalam resolusi yang compatible untuk perangkat mobile/ponsel dengan ukuran yang portable dan beragam.
AVI : AVI (Audio Video Interlaced) Merupakan file hasil rendering dari komplikasi file Audio dan video dengan standard resolusi PL dan NTSC Video dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki track berbasis DOLBY digital (dengan chanel Audio dan video Multi Layer.
3GP : Merupakan file video standard yang digunakan dalam perangkat mobile, secara garis besar file ini adalah file hasil dari komplikasi file kompressi Audio dan video dalam resolusi yang compatible untuk perangkat mobile/ponsel dengan ukuran yang portable dan beragam.
Perbedaan MP4 File Video dngan standard resolusi PAL dan NTSC Video dalam ukuran yang lebih kecil dari file basis MPEG, MPEG mempunyai bit rates mulai dari yang rendah yaitu 32kbits/detik hingga 320kbits/detik, FLV merupakan format pilihan standard untuk file video di web, AVI Video dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki track berbasis DOLBY digital, 3GP adalah file hasil dari komplikasi file kompressi Audio dan video dalam resolusi yang compatible untuk perangkat mobile/ponsel dengan ukuran yang portable dan beragam.
KESIMPULAN : mpeg adalah sistem kompresi video yang dipakai pada vcd. mp2 adl sistem kompresi pada DVD video. mp3 adl sistem kompresi audio yang memungkinkan suara seperti asli dengan ukuran kecil. flv merupakan sistem kompresi video untuk streaming lewat internet. mpeg1 sama dengan mp1/mpeg. mpeg2 sama dengan mp2. vob merupakan bentuk file pada DVD video. swf adalah bentuk file pada flash player. gif merupakan bentuk file gambar ukuran kecil yang bisa bergerak.
FORMAT GAMBAR

RAW Format file ini file yang merupakan format file yang fleksibel untuk bertukar nya dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini juga bisa menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.
JPEG : JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group) Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya. JPEG adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpics images. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok yang membikin standar pengkompresian tersebut. JPEG di buat untuk loosy compression images. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe, .jfif, jif. Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 24 Bits atau setara dengan 16 juta warna. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audio.
TIF : TIF (Tagged Image Format File) Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.
GIF : Format GIF (Graphic Interchange Format) merupakan format file yang paling banyak disarankan dan digunakan. Kelebihan Format ini antara lain adalah :
  • ukuran file yang dihasilkan relatif kecil
  • mampu menggabungkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan dan menampilkannya secara bergantian (animasi)
  • warna latar belakang dapat dibuat transparan dan
  • adanya teknologi interlacing yang akan membuat sebuah file di load secara utuh dengan kualitas yang ditampilkan secara bertahap.
PNG : PNG (Portable Network Graphic) Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.
Perbedaan : RAW format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform, JPEG Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan, TIFF  Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit, GIF ukuran file yang dihasilkan relatif kecil, PNG kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus.
KESIMPULAN :  Pada tiap-tiap format masing-masing berbeda dalam hal kompresi loseless, jumlah warna,  jenis file, ukuran file, dan penggunaannya.
FORMAT LAIN-LAIN
VCF Format file standar untuk kartu bisnis elektronik. vCards sering melekat pada email, tetapi dapat juga di www atau instant messaging. Dapat berisi informasi nama dan alamat, nomor telepon, alamat e-mail, URL, logo, foto dan klip audio.
KESIMPULAN  : Jarang diperhatikan oleh orang-orang. Padahal jaraknya begitu dekat dengan kita untuk mengirim kontak, kalende, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar